Full width home advertisement

Tokoh

Kesehatan

Post Page Advertisement [Top]


Rumah Belajar merupakan situs milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dirancang menjadi rumah belajarnya para insan pendidikan, baik guru maupun peserta didik. Di portal Rumah Belajar ini terdapat bermacam konten antara lain RPP, Materi, Bahan pembelajaran interaktif, Modul, Forum guru, Forum Siswa, Bank soal dan lain lain. Konten tersebut dikelompokkan per jenjang pendidikan yaitu SD/MI. SMP/MTs, SMA/MA, dan Perguruan Tinggi. Di Rumah Belajar juga terdapat fasilitas live streaming TV Edukasi dan Radio Suara Edukasi.


A. Latar Belakang dibuatnya situs ini

Perkembangan TIK di abad ke-21 atau abad teknologi ini begitu pesat menciptakan tantangan-tantangan baru dalam proses belajar mengajar. Permasalahan yang makin kompleks menuntut kesiapan dunia pendidikan untuk mengantisipasinya. Informasi dan pengetahuan yang semakin beragam dan mudah penyebarannya menuntut guru dan siswa untuk dapat mempergunakan sebaik-baiknya.


Portal Rumah Belajar merupakan portal resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentunya juga tidak menutup mata akan fenomena perkembangan TIK. Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan berbagai bahan belajar serta fasilitas komunikasi dan interaksi antar kommunitas pendidikan. Oleh karena itu, Rumah Belajar dikembangkan untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan fasilitas e-pembelajaran untuk persekolahan, bahan belajar berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan komunitas pendidikan, e-pembelajaran untuk pelatihan dan pengembangan profesi berkelanjutan bagi pendidik dan tenaga kependidikan, sarana komunikasi dan kolaborasi antar komunitas pendidikan, dan terbentuknya budaya belajar dengan memanfaatkan TIK. Semua fasilitas tersebut terakomodasi pada fitur fitur yang tersedia di Rumah Belajar yaitu Kelas Maya, Sumber Belajar, Pengembangan Profesi Berkelanjutan, Buku Kurikulum 2013, dan Wahana Jelajah Angkasa

B. Fitur yang ada di Rumah Belajar

1. Kelas Maya

Kelas maya di Rumah belajar merupakan fitur yang memfasilitasi pengelolaan materi pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran secara online. Selain itu memungkinkan dapat meningkatkan dan melengkapi aktivitas tatap muka dalam kelas, memantau aktivitas pembelajaran siswa secara online dengan cepat dan mudah. Dan kelebihan sistem ini adalah membuka peluang belajar kepada siswa dengan waktu yang lebih longgar dan dapat lebih banyak, meningkatkan interaksi siswa dengan guru tanpa batas waktu, dan dapat dilakukan dari mana pun serta kapan pun sepanjang siswa dapat terintegrasi pada akses internet.

2. Sumber Belajar

Sumber belajar adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar-mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung, sebagian atuapun keseluruhan. Portal Rumah Belajar menyediakan sumber belajar berbasis online yang dapat diakses dan diunduh secara gratis.

3. Pengembangan Profesi Berkelanjutan

Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PPB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme guru. PPB berdasarkan Permennegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 merupakan salah satu komponen pada unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit.

PPB adalah tindak lanjut dari Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013. Dalam Portal Rumah Belajar ini, terdapat fitur Pengembangan Profesi Berkelanjutan yang memungkinkan program PPB ini dapat dilakukan secara online.

4. Buku Kurikulum 2013


Perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 menyebabkan pula perubahan buku pelajaran yang digunakan. Portal Rumah Belajar menyediakan fitur untuk dapat mengunduh buku pelajaran Kurikulum 2013 berbentuk Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang bisa didownload gratis.

5. Wahana Jelajah Angkasa

Bagi para siswa, belajar tentang tata surya bisa jadi adalah hal yang menyenangkan. Namun, jika harus membeli teropong bintang yang harganya cukup mahal, tentu menyulitkan dan tidak efisien. 

Tak perlu khawatir, sekarang di Rumah Belajar ada aplikasi Wahana Jelajah Angkasa yang dapat digunakan oleh siapapun yang ingin belajar. Apa itu Wahana Jelajah Angkasa?

Aplikasi Wahana Jelajah Angkasa merupakan satu dari enam aplikasi yang terdapat di portal Rumah Belajar. Aplikasi ini memudahkan siapapun yang ingin mengeksplorasi apa saja yang terdapat di luar angkasa (tata surya), mulai rasi bintang, satelit, hingga pembelajaran tentang aposthography.

Untuk mengakses aplikasi Wahana Jelajah Angkasa, kita bisa masuk dulu ke Rumah Belajar. Setelah halaman situs terbuka, tinggal pilih saja Wahana Jelajah Angkasa.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib