Full width home advertisement

Tokoh

Kesehatan

Post Page Advertisement [Top]

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Dengan begitu kayanya tanah di Indonesia, ragam dari buah-buahan juga bisa begitu banyak dijumpai dan dijadikan pilihan untuk menunjang kesehatan tubuh. Para ahli nutrisi pun setuju dengan mengkonsumsi buah secara rutin setiap harinya.

Ada banyak cara untuk menikmati buah, mulai dari memakannya secara langsung dalam kondisi segar, dijadikan jus lalu dikreasikan sesuai selera, ataupun dengan sari buah yang biasa disajikan dalam bentuk minuman kemasan. Seorang pakar nutrisi, Emilia E. Achmadi, mengatakan bahwa mengkonsumsi buah sebaiknya dijadikan sebagai kebutuhan, bukan hanya sebuah pilihan.


“Saat ini masyarakat sudah mengerti tentang manfaat positif dari buah bagi tubuh mereka. Oleh karena itu, di Negara berkembang seperti di Indonesia ini seharusnya kita mengonsumsi 7-15 porsi buah setiap harinya. Namun yang sangat disayangkan adalah, dengan banyaknya aktivitas atau keterbatasan lainnya, beberapa dari mereka tidak sempat mengonsumsi asupan buah ini dalam kesehariannya,” ujar Emilia.

Emilia pun menjelaskan, fakta telah menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah memiliki banyak manfaat dan kebaikan. Seperti apel yang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang membantu untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Jambu biji juga kaya akan Beta Carotene yang membantu mempertahankan kondisi kulit, vitamin B1 dan B2 yang terkandung di dalam buah Anggur membuat aktivitas lebih berenergi.

Jeruk yang mengandung banyak air dan kandungan tinggi vitamin C dapat membuat tubuh menjadi segar dan membantu untuk mencegah dehidrasi. Mangga yang kaya akan potassium dan vitamin C juga dapat membantu tubuh dan pikiran tetap prima. Hampir dari seluruh buah tersebut mengandung anti oksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.


Dengan begitu banyaknya manfaat dari buah-buah yang mudah didapatkan tersebut, seharusnya masyarakat menjadikan buah menjadi sebuah kebutuhan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Namun jangan menyajikan buah dengan cara dimasak. Karena komposisi dari vitamin B kompleks dan C pada buah sangat tidak kuat dengan panas dan paparan cahaya. Jadi, semakin lama buah dipanaskan maka semakin banyak pula nutrisi yang hilang.


Menurut Emilia, pada dasarnya mengonsumi buah dalam keadaan masih segar memang lebih baik. Karena dengan memakan buah, kita menggerakan rahang untuk mengunyah dan lambung mengolah makanan. Itu berarti kita meminta tubuh untuk mulai aktif meningkatkan metabolisme.


Dengan gaya hidup sekarang ini, bagi anda yang tidak memungkinkan untuk mengonsumsi buah dalam porsi yang cukup, jus adalah pilihan yang baik. Emilia juga menganjurkan untuk mengkombinasikan antara buah dan jus. Namun masyarakat perlu berhati-hati untuk memilih jus, karena tingginya kadar gula yang terdapat di dalam jus. Namun hal itu tidak perlu terlalu ditakutkan, karena gula juga dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi.

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib